Teknologi Anti Maling di Android 15

Google baru saja mengumumkan upgrade keamanan terbaru pada Android 15 (beta) kedua, salahsatunya adalah fitur yang mampu mendeteksi pencurian ponsel. Beberapa upgrade lain juga akan hadir bersama Android 15 pada september-november 2024 nanti, namun fitur anti-maling dan berbagai fitur lainnya juga akan tersedia untuk Android versi lama.

Deteksi Pencurian dan Penguncian Jarak Jauh

Fitur Theft Detection Lock (Deteksi Pencurian dan Penguncian) bekerja dengan mengenali gerakan tidak biasa yang menunjukkan ponsel dicuri dari Anda. Dan untuk melindungi dari akses ilegal, layar akan terkunci secara otomatis. Selain itu, sistem ini akan mengunci aksi maling yang mencoba mamatikan jaringan internet untuk mencegah akses jarak jauh.

Google juga memperkenalkan metode baru untuk mengunci layar smartphone jika jatuh ke tangan maling. Nantinya melalui portal android.com/lock user dapat memasukkan nomor telepon mereka dan mengunci smartphone dari jarak jauh. Fitur-fitur tersebut dijadwalkan meluncur pada akhir tahun 2024 melalui pembaruan layanan Google Play di Android 10 sampai yang terbaru.

Ruang Pribadi dan Peningkatan Keamanan Lainnya

Android 15 juga menghadirkan fungsi keamanan tambahan seperti “Private Spaces”, yang memungkinkan user untuk memisahkan aplikasi dan informasi ke dalam sebuah “Ruang Pribadi” yang bisa disembunyikan dan dilindungi oleh PIN unik. Selain itu, Google memperkuat perlindungan terhadap pengaturan ilegal smartphone tanpa sepengetahuan pemilik.

Pembaruan untuk Play Protect Android juga akan hadir dengan kemampuan AI yang mampu mendeteksi ancaman langsung, seperti pengumpulkan data ilegal, mengidentifikasi tanda-tanda phishing dan penipuan. Jika smartphone terinstall aplikasi jahat, maka akan diupload ke Google untuk pemeriksaan lebih lanjut, tapi fitur ini hanya ada di smartphone tertentu.

Sementara ini detail lebih lanjut tentang fitur terbaru Android 15 akan hadir sepanjang fase BETAnya, tapi yang jelas akan banyak upgrade fitur di berbagai gadget Android terbaru.


Posted

in

by

Tags: