Tool AI Generatif Terbaik 2024

Awal tool AI generatif yang menarik minat publik adalah tool pembuat gambar. Setelah kebutuhan berkembang pesat, mengubah generator gambar berbasis AI menjadi aplikasi yang benar-benar praktis dan ampuh.

Saat ini, banyak platform seni dan desain papan atas mengadopsi revolusi AI generatif. Hampir semua konsep seni dan desain yang dapat direalisasikan secara visual, mulai dari lanskap imajinatif hingga model 3D yang rumit. Meskipun demikian, teknologi AI bukan menggantikan nilai kreativitas manusia, melainkan pada peningkatannya.

Berikut kumpulan tool seni dan desain AI generatif terbaik, yang bisa dimanfaatkan oleh para seniman, ilustrator, dan desainer sebagai sarana untuk memulai proses kreatif. Setiap tool AI berikut memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga tidak ada solusi sempurna secara universal. Jika ingin memahami bagaimana tool ini bermanfaat membuat gambar yang lebih menarik sesuai kebutuhan dan keinginan, maka wajib untuk mencoba semuanya.

Dall-E

Dall-E menjadi tool AI generatif paling populer yang dapat diakses gratis. Dikembangkan oleh OpenAI, yang merupakan organisasi pengembang ChatGPT. Tool ini unggul dalam menafsirkan dan menghasilkan gambar berdasarkan petunjuk yang sangat detail, menawarkan fleksibilitas yang signifikan kepada user dalam membentuk gambar. Selain itu, ini dapat menghasilkan variasi baru dari gambar yang sudah ada, sehingga menghasilkan hasil fotorealisme yang sangat mirip. Memanfaatkan teknologi bahasa OpenAI-GPT-3, Dall-E memproses perintah bahasa alami manusia, dan sudah terintegrasi dengan berbagai tool Microsoft seperti Bing, Co-Pilot, dan Designer. Selain itu, Dall-E menyediakan API untuk para pengembang luar dalam membuat fitur aplikasi berbasis AI.

Stable Diffusion

Awalnya menarik perhatian publik karena menjadi salah satu tool AI paling awal yang menawarkan generator gambar AI terbaru. Dikembangkan oleh para peneliti di Ludwig Maximilian University of Munich yang bekerja sama dengan perusahaan Amerika, Runway ML. Stable Diffusion dapat menghasilkan banyak pilihan gambar dari satu perintah, termasuk modifikasi dan penambahan pada gambar yang sudah ada. Yang membedakannya adalah sifat open-source-nya, yang memungkinkan pengguna membuat versi khusus sesuai kebutuhan dan menjalankannya secara lokal di perangkat keras mereka. Banyak digunakan dalam menghasilkan gambar untuk film, video musik, dan acara TV, sehingga Stable Diffusion menawarkan fleksibilitas luar biasa, meskipun untuk mencapai hasil optimal mungkin memerlukan keahlian teknis. Bagi user yang tidak memiliki server sendiri, Stable Diffusion dapat diakses melalui DreamStudio dan Stable Diffusion Online.

Midjourney

Lebih cocok untuk para seniman karena mampu menghasilkan gambar yang sangat menggugah, detail, dan imajinatif, dengan kualitas gambar yang luar biasa. Tidak seperti model lainnya, user Midjourney berinteraksi melalui bot Discord. Midjourney sering digunakan untuk membuat ilustrasi, komik, dan bahkan konten kontroversi seperti gambar deepfake “Pope In A Puffer Jacket” yang sangat terkenal. Komunitas Discord secara aktif berkolaborasi dan berbagi petunjuk inovatif. Kelemahan Midjourney adalah cenderung kurang fotorealistik dan lebih bergaya dibandingkan dengan tool AI generatif lain, tapi tool ini dikenal karena kemampuannya menafsirkan perintah bebas yang artistik sehingga terkadang menghasilkan gambar yang lebih tidak terduga.

Adobe Firefly

Adalah tool dari Adobe Creative Cloud, Firefly menghadirkan kemampuan AI generatif ke aplikasi populer seperti Photoshop, Illustrator, dan Adobe Express. Firefly memprioritaskan AI yang transparan dan “sopan”, karena dilatih secara eksklusif dari database gambar milik Adobe dan publik. Pendekatan itu bertujuan untuk meyakinkan para profesional tentang tidak adanya pelanggaran hak cipta dalam karya mereka, bahkan Adobe menawarkan ganti rugi terhadap potensi tuntutan hukum.

Canva Magic Design

Tool desain berbasis cloud yang populer ini, memasukkan fitur desain AI generatif dari Stable Diffusion, untuk memfasilitasi pembuatan gambar, logo, grafik, dan template secara otomatis agar selaras dengan palet warna dan font. Selain itu, Canva Magic memanfaatkan AI generatif untuk menggabungkan aset dari koleksi Canva yang luas ke dalam proyek user, sehingga menawarkan kecepatan desain yang serbaguna di layanan gratis dan berbayar.

Itulah beberapa tool seni dan desain berbasis AI generatif terbaik yang tersedia sementara ini, dimana masing-masing menawarkan fitur dan kemampuan unik dalam pembuatan konten yang menembus batas kreativitas.

Temukan segudang tool AI generatif alternatif yang juga bermanfaat di bidang seni, desain, dan grafis, seperti:

  • Autodesk Fusion: Meningkatkan kemahiran desain dan memicu kreativitas melalui tool generatif terintegrasi.
  • Craiyon: tool gratis dan mudah digunakan yang ideal untuk membuat gambar sederhana dengan cepat.
  • DaVinci: Melampaui petunjuk tekstual menjadi karya seni berbeda dengan menggunakan berbagai model pembuatan gambar.
  • Freepik: Pembuatan gambar AI yang sederhana, terbebas dari kerumitan, merespons isyarat tekstual.
  • Getty Images AI: Memanfaatkan kekuatan AI untuk menghasilkan gambar, yang bersumber dari repositori gambar Getty yang terkemuka, yang didukung oleh teknologi Nvidia.
  • Imagen: Dibuat oleh tim AI Deep Brain Google, unggul dalam menyelaraskan keluaran gambar dengan arahan tekstual, dapat diakses melalui chatbot Gemini Pro Google di berbagai wilayah, kecuali Eropa.
  • ImageFX: Inovasi Google lainnya, memfasilitasi pembuatan gambar secara lancar dan cepat melalui model Imagen.
  • Jasper: Awalnya dirancang sebagai tool penulisan AI, kini menawarkan model pembuatan gambar untuk pengguna yang berlangganan layanan premiumnya.
  • Let’s Enhance: Dipuji oleh para desainer karena kehebatannya dalam meningkatkan dan menyempurnakan gambar, kini diperkaya dengan kemampuan AI generatif.
  • NightCafe: Pusat kolaboratif bagi penggemar AI generatif, menawarkan akses ke berbagai model seperti Dall-E 2 dan Stable Diffusion.
  • Shutterstock AI: Perpanjangan dari layanan stok gambar terkenal, memberdayakan pengguna untuk membuat gambar yang dipersonalisasi sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Wombo Dream: Tersedia sebagai aplikasi iOS melalui Apple App Store, dibuat khusus untuk menampilkan gambaran mimpi, surealis, dan aneh.

Posted

in

by

Tags: